Ikhlas Bakti, Bina Bangsa, Pramuka Paser Terus Maju
Tema Hari Pramuka ke 51 tahun 2012 ini : “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan Karakter Kaum Muda”, !!
Pengumuman bagi Gugus Depan SD/Mi/SMP/MTs/SMA/SMK/MA Kwartir Ranting Kecamatan Tanah Grogot ,akan mengadakan kegiatan Lomba Pameran Seni Rupa bagi Penggalang SD,Mi dan Lomba Pembuatan Film Pendek bagi Tingkatan Penegak SMP/MTs/SMA/MA/SMK waktu dan tempat pelaksanaan akan di konfirmasikan lebih lanjut di website ini

Slide Foto Raker Kwarran

Rapat Kerja Kwarran Slideshow: Kwarran’s trip to Indonesia was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Slide Foto LT II

Kegiatan Lomba Tingkat II Slideshow: Kwarran’s trip to Indonesia was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Kamis, 10 November 2011

PERMAINAN PRAMUKA SIAGA

Permainan ini hanya sebagian kecil saja yang bisa disajikan,masih banyak lagi permainan siaga ,dibawah ini hanya beberpa permainan diantara permainan yang lainnya 
Permainan siaga anak zulu
Seorang siaga, memakai topi (tanda lain) yang putih. la disuruh pergi ke lapangan atau tempat yang memberi perlindungan baik, misalnya semak-semak, pohon-pohon dan lain sebagainya.Dia diberi kesempatan 5 menit untuk menyembunyikan diri. Kemudian siaga-siaga disuruh menemukannya. Dia tak boleh mencabut topinya. Siaga yang pertama menemukannya, berganti jadi Zulu.
Zib lawan srigala
Tiap zib mempunyai nomor yang bersamaan dengan Srigala yang telah ditentukan sebelumnya Zib-zib maju dalam satu barisan melalui jalan yang telah ditentukan. Tiap-tiap zib mempunyai sesuatu yang aneh pada pakaiannya, atau memakai sesuatu yang luar biasa. Srigala bersembunyi sepanjang jalan yang telah ditentukan tadi sebelum zib-zib lalu.
Tugas setiap srigala ialah mencatat khusus keanehan atau hal luar biasa tadi dari nomor yang bersamaan dengan dirinya, kalau

Ini lalu, tapi tanpa diketahui sendiri oleh zib. Zib boleh melihat ke depan atau ke samping, tetapi tidak melihat ke belakang. Tiap zib yang melihat tiap srigala berteriak: "Tabaqui, hai!" srigala yang salah harus mengikuti zib-zib dan meneruskan dengan mereka ke tujuannya. Sesampainya tujuan zib-zib mereka merobah "keanehan/luar biasa" tadi.
Srigala dipanggil dengan suatu tanda, dan hitungan diperhitungkan sebagai berikut. Satu angka diberikan zib-zib untuk tiap-tiap srigala yang bersalah, dan satu angka untuk srigala yang tidak bersalah, dan dapat melengkapi dengan mengatakan keanehan dari "nomornya masing-masing". Untuk menghemat waktu, tiap srigala yang tak bersalah, boleh mengikuti jalan di belakang "zib yang terakhir" yang melaluinya. Tetapi dia wajib dibatasi tidak akan mendapat angka kalau ia hanya mencatat keanehan dari "nomor yang bersamaan" sesudah meninggalkan tempat sembunyi untuk mengikuti jalan.
Sembunyilah
Siaga-siaga tersebut di lapangan. Pada suatu tanda mereka harus bersembunyi sebelum 10 hitungan. Mereka yang masih kelihatan dipanggil namanya dan haruslah keluar.
Mowgli dan Bandar log
Permainan baik dimainkan di lapangan yang luas. Tiga siaga pegang peranan sebagai Mowgli, Baloo, dan Bagheera, sedang berburu di rimba (lingkaran besar). Sisa anggota perindukan adalah Bandarlog, dengan dasinya sebagai ekor mengelilingi lingkaran tersebut. Mereka mencoba menangkap Mowgli untuk dibawa ke guanya, tempat yang telah ditandai ± 100 meter jauhnya.
Mowgli terus mendekati Bagheera dan Baloo, yang coba melindunginya, dengan menangkap ekor-ekor Bandarlog. Tiap kera yang kehilangan ekor mengundurkan diri dari lingkaran sampai Mowgli tertangkap. Mowgli dapat ditawan oleh kera dengan dipegang tangannya: dan dia tak diperbolehkan melawan kalau tangannya sudah terpegang.
Kemudian semua Bandarlog dengan Mowgli di tengah-tengahnya lari ke gua mereka. Bagheera dan Baloo dapat mengejarnya jika Mowgli dan Bandarlog-Bandarlog berada di luar lingkaran. Kalau Mowgli dapat dibebaskan sebelum sampai di gua, permainan dapat diulang seperti semula lagi; apabila tidak, dapat diakhiri dengan Tarian Kaa sebelum diulang.
Catatan: Kalau anggota perindukan kecil lebih baik yang menemani Mowgli berburu hanya Bagheera saja.

Pemburu burung rajawali
Dua burung Rajawali, jantan dan betina diberi waktu untuk pergi dan meletakkan 2 telur (dasinya) yang harus kelihatan dan tanpa kena tanah. Pemburu-pemburu diambil satu per satu. Rajawali diperkenankan membujuk pemburu-pemburu pergi dari sarang, tetapi harus melalui sarangnya sedikit-dikitnya tiap-tiap 2 menit. Hanya kalau kedua telur sudah hilang, Rajawall dapat membunuh pemburu-pemburu dengan jalan mencocok mata mereka (pita putih di pinggang), sebaliknya setelah telur-telur hilang. Rajawali meninggalkan sarang dan dapat dibunuh pula oleh pemburu-pemburu dengan mencabut bulu ekornya (jantan, pita hijau: betina, kuning).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar